Cara membuat Login dengan VBA di PowerPoint

Halo teman teman, kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat halaman login di powerpoint menggunakan VBA. Jadi orang yang membuka powerpoint kita harus memasukan password tertentu agar bisa lanjut ke slide berikutnya, namun jika password yang dimasukan salah, akan keluar pesan peringatan.
Berikut adalah langkah langkahnya :
Buka Microsoft Powerpoint (Disini saya menggunakan Powerpoint 2010)
Pilih menu/tab File pada pojok kiri atas, kemudian silahkan klik option sehingga akan keluar seperti gambar berikut :

Pilih Customize Ribbon, kemudian centang developer seperti gambar di atas. Jika sudah klik OK
Maka akan keluar sebuah tab/menu baru yaitu 'Developer' letaknya tepat di sebelah tab 'view'. Kemudian buatlah objek sebuah 'Textbox' dan dua buah 'CommandButton' menggunakan menu yang sudah tersedia di dalam tab 'Developer' tadi. Berikut contoh gambar nya :



Klik kanan pada 'CommandButton' sebelah kiri, pilih properties, ketika muncul jendela properties ganti caption dengan tulisan Log In atau boleh divariasi sesuai keinginan kalian.
Lakukan dengan langkah yang sama pada button kedua namun ganti captionnya dengan nama Reset. Lihat gambar berikut :



Jika sudah, kemudian double click button Log In sehingga muncul jendela microsoft visual basic application, seperti ini :



Hapus semua script di atas, dan silahkan copy paste script berikut ini :
Private Sub CommandButton1_Click()
If TextBox1.Text = "SmandaWorkatTechnology"Then
SlideShowWindows(Index:=1).View.Next
Else MsgBox "Wrong Password", 16, "Incorrect Password"
End If
TextBox1.Text = ""
End Sub


Catatan :

SmandaWorkatTechnology adalah password yang digunakan, silahkan ganti sesuai yang anda suka. Sedangkan Wrong Password dan Incorrect Password adalah pesan yang muncul jika memasukan password yang salah, juga dapat diubah sesuai selera. Sedangkan script lainnya jangan dirubah !

Maka kira-kira gambarnya seperti ini :









Jika sudah, silahkan tutup jendela microsoft visual basic application-nya. Kembali lagi ke jendela powerpoint, double click button 'Reset' yang telah kita buat tadi. Sehingga muncul seperti jendela di atas, lalu pastekan script berikut ini tepat di bawah End Sub :




Private Sub CommandButton2_Click()
TextBox1.Text = ""
End Sub
Private Sub TextBox1_Change()
End Sub


Sehingga bentuk script keseluruhan sebagai berikut :














Silahkan dicoba :D

Catatan :

Jika ingin merubah text yang diketik menjadi bintang " * " , caranya klik kanan pada'Textbox', properties. Ganti password char dengan * , close jendela propertiesnya. Berikut ilustrasinya :






Silahkan buat slide kedua agar ketika tombol 'Log In' ditekan dapat terhyperlink.
Jangan lupa disable klik mouse terlebih dahulu, dengan cara pilih menu slide show, kemudian klik Set up Slide Show, disitu ada show type, pilih / centang Browsed at a kiosk ( full screen ), klik OK .

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »