tutorial game maker kali ini anda akan mempelajari mengenai cara
pembuatan game super mario bros. Seperti halnya pacman, game ini pun
merupakan salah satu game klasik yang sudah banyak dikenal oleh banyak
orang. Game ini hampir ada di semua platform game : NES (Nintendo
Entertainment System), GBA (Game Boy Advance), NDS(Nintendo Dual
Screen), dll.
Langkah-langkah:
1. Buka software game maker.
2.
Langkah-langkah:
1. Buka software game maker.
2.
Klik kanan folder sprite dan masukan atau buat sprites yang memuat
gambar-gambar berikut ini yaitu: gambar mario sedang berdiri dan gambar
mario sedang berlari.
Contoh:
Contoh:
untuk memudahkan anda mengikuti tutorial ini, anda disarankan untuk memberi nama sperite tersebut sebagai berikut:
- Mario berdiri menghadap ke kanan (spr_right_stand).
- Mario berdiri menghadap ke kiri (spr_left_stand).
- Mario berlari menghadap ke kanan (spr_right_run).
- Mario berdiri menghadap ke kiri (spr_left_run).
Catatan: untuk ukuran pemotongan stripsnya adalah 20 X 26.
3. Setelah itu, pindah ke folder objects ---) kemudian klik kanan folder objects ---) pilih create sprite.
4. Beri nama objek tersebut dengan nama obj_mario.
5. Buatlah sebuah Event baru: klik Add Event ---) keyboard ---) left.
6. Buatlah sebuah execute code, kemudian masukan script dibawah ini:
//jika tombol panahh kiri keyboard ditekan
sprite_index=spr_left_run //ganti sprite menjadi spr_left_run
image_speed=0.5 //image speed 0.5
motion_set(180,5) //bergerak ke kiri sebesar 5 steps.
7. Buat sebuah Event baru yaitu : keyboard ---) right, kemudian masukan script di bawah ini:
sprite_index=spr_right_run
image_speed=0.5
motion_set(0,5)
8. Buat sebuah Event baru lagi yaitu: keyboard ---) no key, lalu masukan script di bawah ini:
//jika kita tidak menekan tombol keyboard manapun
if keyboard_lastkey=vk_left //jika tombol terakhir yang ditekan adalah kiri
{ //maka
sprite_index=spr_left_stand
motion_set(180,0)
}
if keyboard_lastkey=vk_right
{
sprite_index=spr_right_stand
motion_set(0,0)
}
9. Urusan mengenai objek telah selesai, sekarang pindah ke folder room.
10. Butlah sebuah room baru, kemudian tempatkan objek yang telah anda buat tadi dimana saja.
11. Sekarang coba jalankan game : run game ---) run in debug mode.
12. Tekan tombol panah kiri atau kanan untuk bergerak.
13.jangan lupa di save
Membuat Game Super Mario Bros - part 2
Disini kita akan membahas bug/meperbaiki error/debugging
Langkah-langkah perbaikan :
1. Buka kembali project game sebelumnya 2. Buka folder Object ---) klik kanan obj_mario ---) kemudian pilih properties.
3. Buka kembali execute code pada Event keyboard left, ganti execute code tersebut dengan script code di bawah ini.
//check tumbukan dengan benda yang berattribut solid
if place_free(x-5,y+0) {
x =x-5 //bergerak sebesar lima steps ke arah kiri
sprite_index=spr_left_run
image_speed=0.5
exit
}
/*-place_free(x,y) ---) digunakan untuk mengecek apakah pada titik
koordinat yang kita inginkan masih ada ruangan kosong yang memungkinkan
objek ini bisa bergerak, dan mengecek apakah ada benda yang berattribut
solid dititik koordiant tersebut atau tidak? */
koordinat yang kita inginkan masih ada ruangan kosong yang memungkinkan
objek ini bisa bergerak, dan mengecek apakah ada benda yang berattribut
solid dititik koordiant tersebut atau tidak? */
4. Setelah itu pindah ke Execute code yang ada di Event keyboard right, lalu masukan script di bawah ini:
if place_free(x+5,y+0)
{
x=x+5
sprite_index=spr_right_run
image_speed=0.5
exit
}
5. Terakhir hapus Event keyboard nokey, lalu buat Event baru yaitu Step Event, kemudian masukan script di bawah ini :
if keyboard_check_released(vk_left) //jika tombol panah kiri dilepas
{ //maka
sprite_index=spr_left_stand
}
if keyboard_check_released(vk_right)
{
sprite_index=spr_right_stand
}
/*kodedibawah ini akan berfungsi bila kita menekan tombol panah dan kiri
secara bersamaan yang akan membuat karakter mario anda jalan
ditempat,sehingga dengan menggunakan kode di bawah ini maka keadaan
tersebut tidak akan terjadi*/
if keyboard_check(vk_right) and keyboard_check(vk_left) and keyboard_lastkey=vk_rightsecara bersamaan yang akan membuat karakter mario anda jalan
ditempat,sehingga dengan menggunakan kode di bawah ini maka keadaan
tersebut tidak akan terjadi*/
{
if place_free(x+5,y+0)
{
x=x+5
sprite_index=spr_right_run
image_speed=0.5
exit
}
}
if keyboard_check(vk_right) and keyboard_check(vk_left) and keyboard_lastkey=vk_left
{
if place_free(x-5,y+0)
{
x=x-5
sprite_index=spr_left_run
image_speed=0.5
exit
}
}
6.
Perbaikan selesai, sekarang coba jalankan kembali game dan selamat anda
telah berhasil menyelesaikan masalah bug dalam proses pembuatan game
ini.
Kesimpulan:
Bug ( Error ) adalah suatu
kesalahan yang biasa terjadi dalam dunia pemrograman, bahkan programmer
yang sudah ahli sekalipun juga sering membuat bug. Di satu sisi bug
merupakan musuh programmer yang bisa saja membuat mereka kesal sampai
berjam-jam untuk memperbaiki dan mencari bug tersebut.
Namun bila
Namun bila
kita memandangnya dari sudut yang berbeda, maka bug bisa saja menjadi
kawan, karena dengan adanya bug (error) ini, para programmer akan lebih
waspada dan lebih matang lagi dalam berpikir, sehingga bug ini bisa
merangsang perkembangan otak programmer terutama dengan hal-hal yang
bersifat logika
Terlepas dari apakah bug atau Error adalah
Terlepas dari apakah bug atau Error adalah
datang sebagai kawan atau lawan, itu semua tergantung dari sisi manakah
kita memandang, yang jelas musuh yang nyata bagi kita adalah Syaitan
semata.
Membuat Game Super Mario Bros - part 3
Membuat Game Super Mario Bros - part 3
Cara membuat mario agar bisa melompat dalam game
Dalam
tutorial game maker sebelumnya, kita telah berhasil memperbaiki bug
yang ada dalam game. Namun, anda pasti bertanya-tanya mengapa pada
tutorial sebelumnya antara tutorial dan hasil tutorial sedikit berbeda.
Disinilah
Disinilah
jawabannya. Pada tutorial game maker kali ini kita akan mempelajari
mengenai cara menambahkan theme music tersebut, dan membuat agar mario
bisa melompat dalam game tersebut.
Menambahkan music latar pada game.
1). Buka kembali project game sebelumnya
2). Karena hasilnya sudah ada, maka langkah-langkah ini bisa dijadikan sebagai referensi.
3). Download theme musicnya disinihttps://www.facebook.com/download/552535824792389/supermariotheme.mid
4). Klik kanan folder sounds ---) lalu pilih Create Sound ---) kemudian pilih load sound.
5). Beri nama sound tersebut dengan nama snd_sound.
6). Buat sebuah objek baru, beri nama objek tersebut dengan nama obj_setting.
7). Buat sebuah Event baru yaitu Create Event, lalu buat sebuah execute code kemudian masukan script di bawah ini
sound_loop(snd_theme) //mainkan music ini secara loop
8). Masukan objek_setting tersebut dalam room sesuai dengan kehendak anda.
9). Selesai.
Menambahkan music latar pada game.
1). Buka kembali project game sebelumnya
2). Karena hasilnya sudah ada, maka langkah-langkah ini bisa dijadikan sebagai referensi.
3). Download theme musicnya disinihttps://www.facebook.com/download/552535824792389/supermariotheme.mid
4). Klik kanan folder sounds ---) lalu pilih Create Sound ---) kemudian pilih load sound.
5). Beri nama sound tersebut dengan nama snd_sound.
6). Buat sebuah objek baru, beri nama objek tersebut dengan nama obj_setting.
7). Buat sebuah Event baru yaitu Create Event, lalu buat sebuah execute code kemudian masukan script di bawah ini
sound_loop(snd_theme) //mainkan music ini secara loop
8). Masukan objek_setting tersebut dalam room sesuai dengan kehendak anda.
9). Selesai.
Membuat karakter mario bisa melompat
1). Buatlah sebuah sprite baru yang akan digunakan untuk membuat ground platformernya, contoh :2). Beri nama sprite tersebut dengan nama spr_land1.
3). Untuk membuat sprite yang mewakili mario ketika sedang melompat Anda bisa menggunkan contoh sprites ini:
pemberian nama sprite:
mario melompat ke arah kanan : spr_right_jump
mario melompat ke arah kiri : spr_left_jump.
4).
Sekarang pindah ke folder sounds ---) lalu klik kanan folder sounds
---) kemudian masukan file suara ini, untuk membuat suara ketika sedang
melompat https://www.facebook.com/download/629225510422997/jump.wav
5). Beri nama file suara tersebut dengan nama snd_jump.
6).
5). Beri nama file suara tersebut dengan nama snd_jump.
6).
Agar suara antara theme music dan sound_effect ini seimbang, Anda bisa
mengatur tinggi rendahnya suara sesuai dengan kehendak Anda.
7). Sekarang pindah ke folder objects ---) klik kanan obj_mario.
8). Buatlah sebut Event baru yaitu Create Event, kemudian masukan script di bawah ini:
dir=0 //variable untuk menandai apakah mario sedang menghadap ke kiri atau kanan.
9). Buka kembali Execute code yang ada di Step Event, kemudian tambahkan script di bawah ini di bawah script yang sebelumnya:
//untuk pengaturan nilai variable “dir” ada di Event Keyboard left dan right.
if dir=0 //jika variable dir = 0 berarti mario sedang menghadap ke kanan
{
if(place_free(x,y+5))
{
gravity=0.5 //set gravitasi sebesar 0.5
sprite_index = spr_right_jump
}
}
if dir=180
{
if(place_free(x,y+5))
{
gravity=0.5
sprite_index = spr_left_jump
}
}
if keyboard_check_pressed(ord("A")) //jika tombol keyboard A ditekan
{
if(not(place_free(x,y+9)))
{
sound_play(snd_jump) //jalankan suara snd_jump
vspeed = -9 //Anda bisa mengatur tinggi lompatan dengan mengubah nilai ini
}
}
10). Buatlah sebuah objek baru [ klik kanan folder objects ---) pilih create objects ].
11). Beri nama objek baru tersebut dengan nama obj_land1 dan gunakan sprite spr_land1 sebagai sprite untuk objek ini.
12). Ceklis tombol solid, agar objek ini mempunyai attribute solid.
13). Sekarang kembali ke objek obj_mario [ klik kanan obj_mario ---) properties ].
14). Buat sebuah event baru yaitu Begin Step [ Add Event - Step Event - Begin Step ], lalu masukan script di bawah ini:
if(place_meeting(x,y,obj_land1)) //jika seandainya saya terjebak di objek solid
{
move_outside_solid(90,-1) // maka keluarkan saya dari sana
}
15).
7). Sekarang pindah ke folder objects ---) klik kanan obj_mario.
8). Buatlah sebut Event baru yaitu Create Event, kemudian masukan script di bawah ini:
dir=0 //variable untuk menandai apakah mario sedang menghadap ke kiri atau kanan.
9). Buka kembali Execute code yang ada di Step Event, kemudian tambahkan script di bawah ini di bawah script yang sebelumnya:
//untuk pengaturan nilai variable “dir” ada di Event Keyboard left dan right.
if dir=0 //jika variable dir = 0 berarti mario sedang menghadap ke kanan
{
if(place_free(x,y+5))
{
gravity=0.5 //set gravitasi sebesar 0.5
sprite_index = spr_right_jump
}
}
if dir=180
{
if(place_free(x,y+5))
{
gravity=0.5
sprite_index = spr_left_jump
}
}
if keyboard_check_pressed(ord("A")) //jika tombol keyboard A ditekan
{
if(not(place_free(x,y+9)))
{
sound_play(snd_jump) //jalankan suara snd_jump
vspeed = -9 //Anda bisa mengatur tinggi lompatan dengan mengubah nilai ini
}
}
10). Buatlah sebuah objek baru [ klik kanan folder objects ---) pilih create objects ].
11). Beri nama objek baru tersebut dengan nama obj_land1 dan gunakan sprite spr_land1 sebagai sprite untuk objek ini.
12). Ceklis tombol solid, agar objek ini mempunyai attribute solid.
13). Sekarang kembali ke objek obj_mario [ klik kanan obj_mario ---) properties ].
14). Buat sebuah event baru yaitu Begin Step [ Add Event - Step Event - Begin Step ], lalu masukan script di bawah ini:
if(place_meeting(x,y,obj_land1)) //jika seandainya saya terjebak di objek solid
{
move_outside_solid(90,-1) // maka keluarkan saya dari sana
}
15).
Sekarang buat lagi Event baru (wah banyak sekali…), yaitu Event
Collision [ Add Event - Collision - objek yang dijadikan tumbukannya
adalah obj_land1 ].
16). Kemudian masukan script di bawah ini:
16). Kemudian masukan script di bawah ini:
// jika obj_mario bertumbukan dengan tanah
if dir=0{
sprite_index = spr_right_stand //ganti sprite menjadi spr_right_stand
gravity=0 //buat gravitasi = 0
vspeed=0
move_contact_solid(270,-1) //berjaga-jaga bila gravitasi tidak bisa menarik objek mario ini ini tepat ke tanah.
}
if dir=180
{
sprite_index = spr_left_stand
gravity=0
vspeed=0
move_contact_solid(270,-1)
}
17). Kemudian buka kembali Event Keyboard Left, dan tambahkan script dir= 180 pada baris ke tujuh sehingga hasil script menjadi seperti di bawah ini
//
if place_free(x-5,y+0) {
x =x-5 //bergerak sebesar lima steps ke arah kiri
sprite_index=spr_left_run
image_speed=0.5
dir=180 //ubah variable dir menjadi 180 (artinya mario menghadap ke kiri)
exit
}
18). Lakukan hal yang sama pada Event Keyboard right, hanya saja untuk nilai dir menjadi sama dengan 0 (nol).
19). Semua masalah sudah beres, sekarang pindah ke folder room ---) room0.
20). Kemudian buatlah pijakan untuk mario bergerak dengan menggunakan obj_land1
EmoticonEmoticon