Paragraf Persuasi

Paragraf Persuasi adalah jenis karangan yang berisikan mengajak untuk melakukan sesuatu tindakan sesuai                                         dengan teks tersebut.

Ciri-ciri paragraf persuasi:
1.) Menggunakan kata-kata mengajak.seperti:ayo,mari,ayolah,-lah
2.) Menggunakan konjungsi Subordinatif (terutama konjungsi Subordinatif Syarat dan konjungsi Subordinatif       Sebab)

Langkah-langkah Menulis Paragraf Persuasi:
1.) Menentukan Topik
2.) Membuat Arti dari Topik tersebut
3.) Membuat Contoh dari Topik tersebut
4.) Membuat Cara/langkah dari Topik tersebut
5.) Membuat alasan dari Topik tersebut

Contoh Paragraf Persuasi:
Tanaman Apotek Hidup
              Tanaman Apotek Hidup adalah memanfaatkan sebagian tanah untuk ditanami tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari-hari.Contoh Tanaman Apotek Hidup adalah Kumis Kucing,Buah Manggis,Jati Belanda,Jahe,dan sebagainya.
              Cara menanam Tanaman Apotek Hidup,yaitu pertama,belilah bibit yang termasuk jenis tanaman obat-obatan.Kemudian tanamlah bibit tersebut ke halaman yang sudah anda siapkan.Kemudian siramlah dan rawatlah tanaman tersebut hingga bisa digunakan sebagai obat.
              Alasan pentingnya menanam Tanaman Apotek Hidup adalah kita tak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli obat,bila ada anggota keluarga secara tiba-tiba sakit kita tinggal memetik tanaman obatnya saja,dan kita tidak perlu lagi ketoko obat karena kita sudah memiliki apotek hidup yang lebih herbal dirumah.
              Oleh karena manfaatnya yang begitu banyak dan penting.Marilah kita semua mempunyai Tanaman Apotek Hidup dilingkungan kita.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »