Paragraf Deskripsi

Paragraf Deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan sesuatu dengan jelas dan
                                            terperinci.

Tujuan Paragraf Deskripsi adalah untuk melukiskan atau memberikan gambaran
                                                        terhadap sesuatu dengan sejelas-jelasnya sehingga
                                                        pembaca seolah-olah melihat,mendengar,membaca
                                                        atau merasakan hal yang dideskripsikan.

Ciri-ciri Paragraf Deskripsi:
1.) Paragraf Deskripsi berisi hal yang menyentuh hasil pancaindra.
2.) Menyajikan urutan ruang penggambaran atau pelukisan berupa rincian disusun secara                                    berurutan:dari:kanan ke kiri,atas kebawah,depan ke belakang,dan sebagainya.
3.) Dalam penggambaran benda/manusia didapat dengan mengamati bentuk,warna,dan keadaan objek              secara detail/terperinci menurut penangkapan si penulis.
4.) Unsur perasaan lebih banyak daripada pikiran.

Jenis-jenis dan contoh Paragraf Deskripsi:
1.) Paragraf Deskripsi Impresionis
     Contoh:
                Tidak lama.Dengan rasa penasaran,kucoba untuk membuka sebuah kotak tepat didepanku.Dan        ternyata sebuah buku yang berbentuk persegi yang sangat menarik hatiku.Sambil kuperhatikan.Warnanya      merah,kertasnya kuning,ditambah isi buku tersebut yang sangat tebal,membuat hatiku bahagia.Rasanya          aku ingin sekali mengambilnya.Tapi bagaimana?

2.) Paragraf Deskripsi Ekspositoris
     Contoh:
                Dalam waktu yang tak lama aku mencoba untuk membuka sebuah kotak tepat didepanku.Dan           ternyata sebuah buku yang berbentuk persegi.Sambil kuperhatikan.Buku itu berwarna merah,kertasnya         berwarna kuning dan sangat tebal.Rasanya aku ingin sekali mengambilnya.Tapi bagaimana?

3.) Paragraf Eksposisi
     Contoh:
                Tanaman Apotek Hidup adalah memanfaatkan sebagian tanah untuk ditanami tanaman obat-                obatan untuk keperluan sehari-hari.Tanaman Apotek Hidup merupakan tanaman yang sangat                        bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit maupun sebagai pencegah penyakit.

4.) Paragraf Narasi
     Contoh:
                Setelah selesai belajar, Damar rebahan di tempat tidurnya. Ia mengambil sebuah buku berwarna          hitam di bawah bantalnya. Sebuah bolpoint sudah terselip dalam buku itu. Damar membuka halaman              demi halaman dari buku itu. Di halaman yang masih kosong, ia menulis sesuatu. Ia mulai mengungkapkan        perasaannya seharian ini.

5.) Paragraf Argumentasi
     Contoh:
                 Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu maju mundurnya suatu bangsa. Adalah sebuah          fakta yang tak terbantahkan lagi bahwa pendidikan di Indonesia adalah pendidikan yang sangat mahal            dan tak terjangkau bagi masyarakat yang tidak mampu. Pada tahun 2010 saja terdapat 1,08 juta siswa          SD hingga SMA yang putus sekolah. Biaya pendidikan yang mahal diperkirakan menjadi sebab                    tingginya angka putus sekolah ditahun 2010 tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »